Senin, 10 Juni 2019

Tutorial menggukan mail marge Ms. Word dalam membuat surat masal



Tutorial menggukan mail marge Ms. Word dalam membuat surat masal

1.       Buatlah dahulu
    Kpd. Yth
    Alamat
2.       Pilih select recipient> pilih type new list> cutumize colums> add
3.       Buat nama alamat lalu ok
4.       New entry sebanyak surat yang dibutuhkan
5.       Simpan file
6.       Buka word kembali lalu pilih menu mailing klik pada bagian insert merge field kemudian preview result
7.       selesai

Pengenalan Microsoft Excel 2010 Menu Dan Fungsi



Pengenalan Microsoft Excel 2010 Menu Dan Fungsi

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Kelebihan Ms Excel: 
Microsoft Excel mempunyai beberapa kelebihan, seperti:
  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. 
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel.
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.

Kekurangan Ms Excel:
Selain kelebihan diatas, ternyata Microsoft Excel mempunyai beberpa kekeurangan, Seperti:
  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada Ms. Exsel 2010
1.      Menu home
a.       Clipboard digunakan dalam menampung data sementara hasil pemotongan data.           Adapun bagian-bagianya:
a.       Cut : menghapus/memotong
b.      Copy: untuk menduplikat teks
c.       Format painter: membuat format data seperti data sebelumnya
d.      Paste :menempelkan teks yang disalinkan
b.      Font
      1.      Increase font size membesarkan huruf
      2.      Decreaze font size mengecilkan uuran huruf
      3.      Bold untu menebalkan huruf
      4.      Italic memiringkan huruf
      5.      Underine untuk garis bawah
      6.      Font untuk memilih jenis huruf

c.       Alignment
a.       Top align format rata tengah posisisebelah kiri halaman
b.      Midle align format rata tengah dengan posisi tengah halaman
c.       Bottom align penggalan halaman
d.      Center format teks rata tengah

2.      Menu insert
a.       Picture untuk menisipkan gambar
b.      Clip art mensipkan clip art
c.       Shape menyisipkan gambar praktis

3.      Menu page layout
a.       Themes digunakan untuk tema pewarnaan tata letakdan efek huruf
b.      Page setup digunakan mengatur batas tepi kertas
c.       Scale to fit mengatur lebar tinggi

4.      Formula
 Digunakan memasukan rumus

5.      Menu data
6.      Menu review
7.    Digunakan untuk mengeja kesalahn pada tata bahasa, pemberian komentar serta untuk keamanan    data.
8.      Menu view
9.      Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja layar monitor serta pengaturan jendela lembar kerja.

Membuat dan modifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana dalam Ms. Word



Membuat dan meodifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana dalam Ms. Word

Table dalam Ms. Word antara lain:
a.       Pilih menu insert
b.      Pilih table
c.       Block seberapa banyak tabel yang diinginkan









d.      Selanjutnya di modifikasi di table tools yaitu desain dan layout
1.       Desain tempat untuk memilih warna yang dinginkan
2.       Layout berisi
A.      insert above table atas
B.      insert below table bawah
C.      insert left kiri
D.      insert right kanan
E.       merge cell mengagabungkan kolom

3.       jika ingin memasukan rumus sederhana dalam Ms. Word bisa lakukan seperti:
rumus menjumlahkan =SUM (LEFT)
rumus mencari rata-rata =AVARAGE (LEFT)

Adapun cara membuat daftar isi dengan multilevel list


Adapun cara membuat daftar isi dengan multilevel list

A  Pilih menu home
B.      Membuat uratan daftar isi
C.      Pilih menu paragraf
1.       Pilih menu tabs
2.       Isi tab stop position dengan ukuran 15/16 cm
3.       Alignmen> pilih center
4.       Leader> no 2
5.       Set
D.      Setelah klik ok
E.       Klik ctrl+tab pada daftar isi